marhaban ya ramadhan…

selamat datang bulan ramadhan.
maaf, beribu maaf. blog alakadarnya ini kembang kempis. karena adanya kesibukan lain. saya merasa punya banyak hutang.. karena sudah di masukkan agregator oleh pak ketu jatimotoblog. kang heri…

image

padahal stok artikel banyak.
maaf, beribu maaf. mari kita sambut bulan ramadhan ini dengan suka cita. semoga menjadi bulan ramadhan yang lebih baik… aminn….

Pantai slopeng sumenep. Private beach

 

Halo..lama tidak update. Haha. Terimakasih anda masih berkenan berkunjung ke blog yang tidak jelas ini. :P

Karena stok artikel tahun lalu di sumenep masi banyak, ya saya bahas ini aja. Haha.

Siang hari, setelah menunggu nyonya pulang dari tugasnya di sumenep. Kita berencana untuk mengunjungi pantai slopeng, pantai yang menjadi andalan sumenep  selain pantai lombang. jadi kalau anda ke sumenep, dan tidak ke pantai lombang, atau slopeng kurang lengkap rasanya.

Setelah makan, dan bersiap2 kita segera berangkat, karena di kawatirkan kita tidak bisa berlama-lama di sana. Cuss…. Karena kita berangkat siang hari, suasana jalanan begitu panas. Okelah, setidaknya masih bisa menikmati jalanan sepi bebas macet, pemandangan hijau. Mana bisa kalo di surabaya.

 peta sumenep

Pantai ini terletak di pesisir utara bagian barat kota Sumenep, masih satu garis pantai dengan pantai Lombang. Kecamatan Dasuk, kurang lebih 20 km dari Pusat Kota Sumenep. Karena merupakan wisata andalan di sumenep, jadi anda tidak perlu khawatir, karena papan penunjuk arah menuju kawasan ini cukup jelas. Dan jalan menuju kawasan ini sudah lumayan, ya meskipun ada beberapa bagian yang rusak. Cocok wes.

Menuju pantai ini kita akan di suguhi pemandangan hamparan kebun, jajaran pohon kelapa . Tak butuh waktu lama, kita sudah sampai di kawasan pantai ini.berhubung kita datang saat hari aktif suasana pantai juga sepi, hanya tampak beberapa petugas. Setelah memarkir kendaraan, di tempat yang telah di sediakan. kita tidak di tarik biaya masuk. Memang karena sepi, atau memang gratis ya?  Kita bergegas menuju ke pantai.

slopeng sumenep

(more…)

sumenep again. pantai lombang

Assalamualaikum..

Ya opo kabare? Maaf blog lama vakum. Kali ini masih di seputaran sumenep. Karena stok cerita masih banyak. Dan lagi lagi late post. Tahun kemaren di kunjungi dan baru kali ini di buat artikelnya. Hahaha. #akurapopo

Pantai lombang, pantai yang cukup terkenal di sumenep, dan menjadi tujuan andalan pariwisata sumenep.  Saya dan kelompok mendapat mandat dari ’kampus’ untuk melaksanakan tugas di sumenep ini.  Dan sekalian kita menikmati suguhan keindahan landscape sumenep.

  pantai lombang

kebanyakan kami tidak pernah membayangkan seperti apa kota paling timur di pulau madura ini. dan pantai lombang menyambut kami ber delapan..

Kita ber delapan bersepeda motor berangkat dari daerah batuan, setelah mencuci, mandi sarapan dan lain lain. dari kota sumenep menuju ke utara menuju pantai  jalanan relatif sepi, karena bertepatan dengan hari minggu . jalan relatif campur aduk, kadang mulus kadang hancur. Meskipun banyak hancurnya. Haha. Mungkin karena musim hujan, sehingga banyak aspal yang terkelupas.

 peta sumenep

pict. google

(more…)

saya lupa berdoa

siang hari itu saya berbincang di bangku belakang dengan rekan saya ketika ujian kompetensi pedagogy. dan mahasiswa semester 3 sebagai siswa yang seolah kita ajari. dan pada suatu ketika teman kami maju satu persatu untuk melakukan simulasi mengajar. sebelum memulai penjelasan, selalu dimulai dengan doa terlebih dahulu dan diakhiri dengan doa.

entah karena diawasi, akan di evaluasi atau tidak, saya tidak tahu. semoga tidak.

pun ketika saya maju kedepan, celakanya saya hampir lupa untuk berdoa terlebih dahulu, entah karena gugup atau grogi. dan untung saja teman saya memberikan isyarat untuk berdoa. sial, saya lupa!

 

berdoa

ya, doa sebelum memulai pelajaran, waktu perkuliahan.

(more…)

masjid jami’ – keraton sumenep

(lanjutan) masih di hari yang sama. stelah kembali dari pantai badur, jalan jalan wisata di lanjutkan di kota.

shalat duhur di masjid masjid jami sumenep sekalian  yang menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat sumenep. sudah berkali kali mampir, dan baru saya buatkan artikel. hehe. dan yang menjadi ciri khas uniknya adalah gerbang masuk masjid yang indah.

menurut info yang saya dapatkan dari wikipedia

DSC_0353 cc

Masjid jamik panembahan Somala atau lebih dikenal dengan sebutan Masjid Jamik Sumenep merupakan salah satu bangunan 10 masjid tertua dan mempunyai arsitektur yang khas di Nusantara. Masjid Jamik Sumenep saat ini telah menjadi salah satu landmark di Pulau Madura. Dibangun Pada pemerintahan Panembahan Somala. Penguasa Negeri Sungenep XXXI, dibangun setelah pembangunan Kompleks Keraton Sumenep, dengan arsitek yang sama yakni Lauw Piango.

Menurut catatan sejarah Sumenep, Pembangunan Masjid Jamik Sumenep dimulai pada tahun 1779 Masehi dan selesai 1787 Masehi. Arsitektur bangunan masjid sendiri, secara garis besar banyak dipengaruhi unsur kebudayaan Tiongkok, Eropa, Jawa, dan Madura, salah satunya pada pintu gerbang pintu masuk utama masjid yang corak arsitekturnya bernuansa kebudayaan Tiongkok. Untuk Bangunan utama masjid secara keseluruhan terpengaruh budaya Jawa pada bagian atapnya dan budaya Madura pada pewarnaan pintu utama dan jendela masjid, sedangkan interior masjid lebih cenderung bernuansa kebudayaan Tiongkok pada bagian mihrab.

masjid ini menjadi tujuan wisata religi sumenep, selain asta tinggi dan makam syeh yusuf. jadi banyak para peziarah yang berkunjung sekaligus shalat di sini.

masjid jami sumenep

gerbang masjid jami, sore hari

(more…)

pantai badur sumenep. the hidden beach

masih di madura, dan di seputaran sumenep sodara. semoga anda anda tidak bosan. :P lagi lagi pantai.

kita mengenal dua pantai yang menjadi tujuan utama di sumenep, kalau tidak lombang ya tentu slopeng. memang benar kedua pantai tersebut merupakan pantai yang layak kunjung. karena saya sudah berkunjung ke dua pantai tersebut, ada info mengenai pantai badur yang tak kalah bagus. oke sip.

pantai badur sumenep

pantai bagian timur.

maaf, untuk review kunjungan pantai lombang, dan slopeng nanti saja ya artikelnya. kalo sempat. hahaha

ini kali kedua saya mengunjungi pantai badur, yang pertama melalui jalur yang cukup lumayan ekstrim, datang terlalu sore, tidak cukup waktu untuk menikmati.

kita putuskan untuk mencoba lagi, kebetulan ada duet teman yang suka jalan jalan. cocok wes. kita berangkat minggu 08.00 pagi dari kota sumenep menuju utara ke arah pantai lombang. jalanan pagi sumenep cukup bersahabat, tidak begitu banyak hilir mudik penduduk sekitar. namun anda patut waspada kepada kondisi jalan aspal yang retak, tambalan berlubang dan banyaknya portal sumbangan masjid di tengah jalan, dan warga sekitar yang lalu lalang, terutama kepada angkutan yang berhenti mendadak.

(more…)

bromo the paradise! eps :hanimun

late post. pol notog jedog. lha piye. ini mainnya ke bromo 17 agustus tahun lalu, baru di buat tahun berikutnya. wkwkwkw :). halah ya wes, yang penting tetep di share. daripada jadi penyakit. hehe. niat hati pengen berangkat bareng juragan touringrider biar couple touring, urung terlaksana. dianya sudah pulang, kita malah baru nyampe bromo. ya sudahlah.

DSC_0254 cc

inilah kali pertama saya ke bromo. tak tahan ejekan 5 tahun kuliah di malang, dan rasa penasaran yang kuat. akhirnya di putuskan berangkat. skalian hanimun hanimunan bareng mantan pacar. :P  kita berangkat 17 agustus jam 09.00 dari surabaya langsung menuju ke selatan mengambil rute pasuruan, tidak ada hambatan berarti hingga kita mampir sejenak untuk mengisi bensin dan istirahat di spbu jenggolo sidoarjo. kita lanjutkan perjalanan melewati porong. cuaca sangat cerah, cenderung terik. secerah hati ku. :) (more…)

komik foto. journey to lawu. 3265m DPL

postingan ringan aja ya bro… lagi males ngetik soalnya. haha :) sebenarnya ini saya buat sudah cukup lama, ketika saya sedang pertengahan kuliah  dkv. sebenarnya ya ini tugas dosen, ketika tugas akhir semester, selain komik ada pop up book, karakter dll.  buat nya mudah, hanya mengandalkan photo shop, mainkan efek, susun, kasih balon kata-kata. beres.

sebelumnya saya sudah dua kali mencicipi puncak hargo dumilah 3265m dpl, melalui jalur cemoro sewu. karena tak jauh dari kediaman saya di madiun, sekaligus ajakan beberapa teman di rumah. cek pernah munggah gunung lah. masak laki gak pernah naik gunung. dan jauh jauh sebelum film 5cm yang menggambarkan mendaki itu semudah di film. hello….ini bukan film bro. menyebabkan semua orang mendadak pendaki.  hahaha. :)

mendaki bukan hanya soal kita ke puncak, tapi proses kita ke puncak itu. ibarat sebuah miniatur perjalanan hidup hingga kita berada di puncak/atau saat kita kembali kepada sang pangkuan Illahi.

DSC00537 copy

sedikit curcol saja, ketika perjalanan yang kedua. sebelumnya saya tau bahwa kita tidak boleh mengeluh (nggresulo. jawa) cukup di batin saja. selama perjalanan. TIDAK BOLEH. saya mengingat itu baik baik. nah, salah satu teman saya mengeluh ketika beristirahat di pos 2, dan saya juga menjawab mengiyakan. pas melanjutkan perjalanan. kok mendadak kaki saya berat, heran dan bingung. capek dan ngos ngosan, begitu juga teman saya.
(more…)

len-jalen mercusuar saronggi sumenep.

setelah sebelumnya kita mengunjungi mercusuar sembilangan, kita akan mengunjungi mercusuar bagian timur. masih disekitaran sumenep, mumpung masih di sini saya sempatkan mencari tempat baru yang layak kunjungi. sebelumnya sempat mencari informasi mengenai mercusuar ini, mengenai letak jarak dan kondisi. akhirnya hari minggu kita putuskan untuk berangkat.

sumenep-map cc

firstmadura.wordpress.com

bangun pagi setelah bersih bersih kamar (mumpung minggu) sarapan di taman bunga. balik ke kost dan siap siap. kita berangkat pukul 9 dari kost. langsung gas si beety ke selatan menunju saronggi yang tak jauh dari kota sumenep, tidak butuh waktu lama. kita sudah sampai di pertigaan saronggi. belok ke kiri/ke timur. dengan jalur yang tidak terlalu besar sesekali berkelok naik dan turun bukit terlihat di kejauhan pantai. kita sempat bertanya ke beberapa penduduk, karena kami tidak mengetahui arah tujuan. setelah riding santai 20 menit menyusuri jalan (gak pake jalan nyabang) kita akan melewati jl mercusuar tanjung saronggi. tidak lama lagi kita akan sampai.

tanjung saronggi

jalan masuk

(more…)