menyisir brantas. jalur alternatif tjiwi kimia sidoarjo – guyangan nganjuk

assalamualaikum mas bero.. pada saat pulang menghadiri kopdargab di rumah mbah bonsai kemaren, saya berkesempatan mencoba jalur lain. acara kopdar di selenggarakan pada sabu, dan minggu jadi saya ambil start dulu pulang kerumah hari jumat siangnya.

selepas melewati pasar krian, kita akan menjumpai jalur alternatif tjiwi kimia – ploso jombang, karena belum pernah mencoba jalur alternatif ini, timbul rasa penasaran. karena seringnya jalur tjiwi hingga per4an terminal mojokerto macet karena jalur yang ramai dan over load.

jatim-22

merah : jalur reguler. biru : alternatif

setelah tjiwikimia ambil jalur kanan sebelum jembatan, jalur memutar menghindari kota mojokerto menyisir sungai brantas. di sebelah kiri kita akan menyisir tanggul sungai brantas, melewati gedeg – kudu – tapen – ploso jombang. sebelah kiri tanggul penahan banjir sungai brantas sebelah kanan hamparan sawah. harap berhati hati karena jalur tidak terlalu besar, dan beberapa kali menjumpai truk muatan berat yang melintas, beberapa bagian kondisi aspal mulai terkelupas, berlubang dan bergelombang. berulangkali berpapasan dengan bus sumber selamat dijalur ini. karena menghindari jalur perak jombang, sehari setelah insiden. menjelang pertigaan ploso jombang jalur relatif lebar dan halus. speedo sempat menyentuh 100km/j. jan sueweger ndelok ijo ijo. jalur yang relatif sepi mengindari truk dan bus.

IMG_20131227_162855  IMG_20131227_164441

TL per4an pasar gondang

sempat mau belok ke arah jombang lewat ploso, lha kok ternyata ada papan petunjuk arah menuju kertosono nganjuk. ya wes, bablas saja sekalian nyoba. terus ke arah barat ploso – munung – jatikalen – lengkong – gondang – rejoso mentok dan belok ke selatan – guyangan. tembus per4an guyangan yang meleganda itu. hhihi :) di lengkong gondang beberapa jalan tampak tambal sulam dengan jalan cor, beberapa kali harus pelan karena jalan bergelombang, ambles dan rusak. jalur relatif sepi, kecepatan di panteng santai 70-80km/j. jalur tidak terlalu besar, minim petunjuk arah. ketika balik saya juga melewati jalur ini, sempat balapan dengan eka cepat yang juga mengambil jalur ini.

rejoso - guyangan  IMG_20131227_162835 cc

suasana rejoso – guyangan (kiri). gondang-rejoso (kanan)

Untitled

tjiwi kimia – gedeg – kudu – ploso – munung – jatikalen – lengkong – gondang – rejoso – guyangan

saya tidak menyarankan anda lewat malam hari, karena minim penerangan. sepanjang jalan ini juga minim spbu. jalur ini tidak memotong perlintasan kereta api. bahkan saya sempat iseng, dari tjiwikimia sampai per4an guyangan saya hanya menjumpai 1 lampu traffic light di pasar gondang. monggo bagi anda bagi yang pengen riding santai, suasana pedesaan yang ingin mengindari kemacetan di kertosono, jombang mojoagung, mojokerto.

img01480-20121101-1331

nyilih gambar touringrider :P

semoga bermanfaat… sabar, ngalah, ojo lali ndungo…

About these ads

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s