masjid

Masjid yang merupakan ruang dan waktu adalah tempat ibadah untuk melaksanakan kewajiban sebagai manusia yang memilih beragama Islam, kepada tuhan yang mereka menyebutnya sebagai Allah. Ruang dan waktu khusus untuk melaksanakan kewajiban/ibadah yang diharuskan oleh agama/kepercayaan apapun kepada para pemeluknya. beberapa ibadah memerlukan sebuah ruang khusus dan waktu tertentu untuk bisa dilaksanakan dengan baik dan benar.

bandung great mosque

masjid Raya Bandung

bisa pula ‘masjid’ itu berwujud gereja, wihara, klenteng, kuburan keramat dan yang lainnya. Serta pengunjungnya atau bisa disebut pemeluk di-label-i dengan nama yang berbeda, Kristen, Budha, Konghucu atau Kejawen untuk mencegah kerancuan karena tidak ada pembeda antara satu dengan lainnya. dan begitu pula dengan bentuk arsitekturnya, bentuk pakaian, bentuk gerakan, pemilihan nama, hingga pemikiran semua identifikasi pembeda itu harus di cantumkan dalam sebuah identititas tanda pengenal pada setiap orang.

lalu bukankah Tuhan tidak memerlukan tempat dan waktu untuk keberadaannya, manusialah yang memerlukan waktu dan tempat yang terikat untuk diri mereka. bukan untuk Allah, karena Allah tidak terikat oleh segala bentuk pemikiran hasil manusia.

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s