saya gila

gila

 

2. sakit ingatan (kurang beres ingatannya); sakit jiwa (sarafnya terganggu atau pikirannya tidak normal): ia menjadi — krn menderita tekanan batin yg sangat berat; 2 a tidak biasa; tidak sebagaimana mestinya; berbuat yg bukan-bukan (tidak masuk akal): benar-benar —

 

sebuah cap yang dilekatkan orang yang konon katanya “beradab” kepada orang yang menurut orang beradab itu tidak beradab.

orang yang merasa waras, yang menganggap orang lain tidak waras. sebuah cap, sebuah identitas yang meniadakan sedikit kewarasan mereka.

 

seringkali kita terlalu mudah meng-gila-kan seseorang. karena mereka tidak sesuai dengan apa yang kita akui sebagai standar kewarasan. gila karena tidak sesuai apa yang kita lihat, kita pikirkan, menurut kebiasaan akal sehat kita. karena mereka tidak berlaku, tidak berpikir, tidak berpakaian, tidak berbicara dan lain sebagainya, seperti yang kita lakukan sehari-hari.( yang kita anggap normal, wajar)

 

sebuah definisi sepihak yang di buat oleh orang waras.

 

 

waras.

 

 

seringkali  (yang merasa waras) sengaja meng-gila-kan mereka dengan berbagai cara. banyak dari kita memasung orang gila, merantai orang yang kita anggap tidak semestinya, mengisolasinya, menyingkirkan dan entah apa namanya. sebuah perilaku kita anggap wajar, biasa yang kita lakukan kepada orang kita anggap tidak biasa. bukankah seharusnya kita bisa bersikap lebih waras kepada mereka?

 

seringkali (yang merasa waras) melakukan apa yang tidak dilakukan orang gila. karena orang waras punya alasan, kita punya otak waras, orang waras punya nafsu untuk menghalalkan segala cara, melakukan hal gila untuk memiliki apa yang orang waras inginkan. melanggar hal kewarasan untuk gila (dan orang waras menganggap hal itu biasa, karena dilakukan oleh orang waras).

 

bukankah orang yang tidak waras itu, sebelumnya juga waras? karena ulah orang waras, mereka menjadi tidak waras.

benarkan orang gila itu yang kita singkirkan? apakah tidak sebaliknya. bukankan kita sendiri yang menyingkir dari mereka?

pernahkan orang gila, meng-gilakan orang waras? pernahkah orang gila protes kepada orang waras karena mereka di-gilakan?

orang waras melakukan hal waras karena mereka waras, orang gila melakukan hal gila karena mereka gila.

 

bisa jadi orang waras itu tidak waras menurut pemikiran orang gila.

karena orang gila adalah waras dalam standar kegilaan mereka.

 

siapa saya? mereka memanggil saya gila.

ya… saya gila

 

17-11-12

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s