explore talango island sumenep madura. part1 gagal.

mencari tempat baru di sekitaran kota sumenep madura, karena si nyonya kebetulan juga dinas di sini. sebelumnya mendapat info dari rekan-rekan kerja tempat-tempat yang bisa dikunjungi sekitaran sumenep. pulau talango berada di sebelah timur pulau madura. talango terkenal dengan wisata religi, yaitu adanya makam/petilasan syeh Yusuf. pulau ini cukup dekat, dari kota sumenep kita menuju ke arah timur melewati jalur terminal, atau jalur yang melewati lapangan udara sumenep menuju pelabuhan kalianget yang ditempuh hanya 20 menit. pulau talango terletak di timur hanya berjarak ratusan meter dari pulau madura.

  pt garam persero. kalianget  sumenep dan kepulauan

pulau talango di seberang

sebenarnya secara resmi pulau ini bernama pulau poteran,namun orang banyak mengenal dengan nama pulau talango. karena talango merupakan wilayah paling barat, (paling dekat dengan pulau madura/sumenep). dari pelabuhan kalianget menyebrang menggunakan kapal penyebrangan dengan membayar seribu rupiah per orang, dan seribu per motor., atau menggunakan kapal kecil milik nelayan dengan biaya sedikit lebih mahal .

sampan penyebrangan  selamat datang talango

percobaan pertama. gagal

yang pertama kita bisa dibilang kurang berhasil, karena tidak mendapatkan spot yang kami tuju. rencana kita mencari pantai diponegoro yang berada di ujung timur pulau, ponjuk timur. kita berangkat siang setelah nyonya pulang dari tugas, merupakan kesalahan karena madura cukup panass. setelah menyebrang langsung mengarahkan si beety menuju timur. jalanan cukup kecil dengan aspal yang cukup halus.

istirahat sebentar sambil berfoto    kerang dan kapal   narsis lagi.

namun hanya berjalan 10 menit keheranan saya harus pupus. karena saya langsung disambut jalanan rusak. dengan kecepatan sedang saya melewati jalan campuran tanah kerikil dan sesekali aspal. beberapa kali berhenti ketika jalan melintasi pinggir pantai menemukan spot yang menarik untuk berfoto.

mejeng dulu  mejeng dulu

dalam perjalanan saya sering menemui penduduk menggunakan ninja 250. ck..ck… kita mengikuti jalan utama terus ke timur,  hingga kita melewati pertigaan, diputuskan untuk mengambil jalan terus. merasa sudah dekat.  kita putuskan untuk terus turun karena laut sudah terlihat di ujung. tidak jauh, dan sebentar lagi sampai. dengan pemandangan pohon jenis palem pasti memberikan suasana baru, pikir kami.

pantai terlihat   yee

namun kami harus kecewa, karena kami tidak menemukan jalan turun hingga ke pantai. dengan modal bahasa madura, nyonya bertanya kepada ibu ibu penduduk. namun yang ditanya malah tidak tahu. sempat berputar putar mencoba mencari akhirnya diputuskan untuk kembali, karena waktu sudah mulai gelap. dan jalan perjalanan balik yang asing dan sepi. dan takut kehabisan kapal menyebrang.

sunset di penyebrangan kalianget

gas langsung di pluntir dengan cepat, untuk mengejar waktu. dan kami sempatkan shalat asar sebelum kehabisan waktu. sesampainya di penyebrangan, kami harus kecewa karena kapal baru saja berangkat. akhirnya memutuskan naik sampan nelayan untuk menyebrang. sempat was was karena ombak, dan takut tenggelam. hingga kita sempat menyaksikan sunset di pelabuhan kalianget dari atas sampan. sesampainya di kalianget, kami sempatkan untuk mampir di rumah saudara, untuk shalat magrib dan beristirahat sebentar. hingga akhirnya kita tiba di sumenep selepas isya.

masih penasaran. maybe next time kita cari lagi. setidaknya saya sudah menjelajah pulau ini. dan menemukan tempat baru untuk di explore lagi.

10 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s