mbolang Bali. day 3,4 part 2

day 3 danau batur
keesokan harinya setelah siap-siap, saya bergegas menyusuri jalan sekitaran poppies line untuk mencari persewaan motor. akhirnya saya menemukan motor yang dicari di sekitaran monumen bom bali, ground zero. yap, kawasaki trail d tracker. karena jauh jauh hari sebelum ke Bali saya memang sudah niat pingin nyicipi motor ini. sempat salah paham dikira mau nyewa matic, akhirnya dapat harga nego. setelah membayar sejumlah uang, dan jaminan ktp.  lest cusss.. sewa di luar, mungkin karena mereka harus membayar uang sewa tempat di sekitaran jalan tersebut, dan harga yang ditawarkan merupakan harga wisatawan manca CMIIW.  dtracker di tawarkan 200rb/hari, bisa sewa matic buat 4hari. hahaha🙂

d tracker.....

ahay..keturutan pinjem

>note. di sekitaran kuta, banyak persewaan motor berjajar di pinggir jalan. jenis motor, dan harga bervariasi. namun saya sarankan anda untuk menggunakan motor sewa yang disediakan oleh penginapan tempat anda menginap, cukup murah di bandingkan anda menyewa di tempat lain. lagipula, anda tidak harus bersusah payah mengembailkan, karena toh anda juga balik ke penginapan lagi. kebanyakan motor yang disewakan adalah jenis matik, cukup dengan membayar 50ribu rupiah, anda dapat memakai vario,mio dll (seharian penuh. bensin sendiri lo), jadi itungan di bawah saya pakai itungan murahnya.

lontong

setelah mendapat motor, dan keburu siang kita langsung cuss ke arah utara. dan mampir sebentar untuk makan pagi. Peta yang kita bawa tidak banyak membantu, karena kita bingung sendiri. haha. jadi beberapa kali kita berputar-putar. dengan niat mampir istana tampaksiring yang searah ke danau batur, namun apalah daya, kita salah mengambil jalur ubud-tegallalang-batur.

batur   danau batur

DSC_0133 copy

DSC_0161 cc

DSC_0145 cc

setelah fantat fanas, karena jok tifis, dan nyasar nyasar akhirnya tampak sebagian danau yang berwarna hitam bekas erupsi. kita putuskan untuk tidak turun kebawah karena pertimbangan waktu. dan pulangnya kita putuskan untuk mampir di tempat kawan di daerah Gianyar, kita mengambil jalur turun Bangli – Gianyar, sempat kebingungan mencari alamat blahbatu saba. mampir sebentar karena sudah sore, kita putuskan untuk segera pulang melewati bypass ngurah rai.

DSC_0171 copy

sunset kuta

dan sorenya kita habiskan lagi dengan melihat sunset di kuta yang selalu istimewa… muter-muter malam hari ngabisin jatah sewa motor, eman euy, nyewanya mahal.😛 sekaligus makan malam. serasa ali topan anak jalanan. apalagi motor uda pake knalpot brong.  hahaha.

day 4 anak pantai

tanjung benoa- puja mandala-uluwatu

hari ini berencana untuk sedapat mungkin mencoba banyak tempat. karena kemaren kita rugi cuma dapat satu tempat. okelah kalo begitu. karena saya pingin murah meriah, maka di pilihlan wisata alam sebagai tujuan ,daripada wisata buatan yang mahal. paginya langsung menyewa motor di penginapan, gak pake lama. kita langsung gas ke arah selatan, mampir sebentar untuk makan nasi kuning. tujuan pertama adalah pantai tanjung benoa. kita juga sempat mencoba jalur tol baru di atas laut. rasanya hmmm.. namun sayang dokumentasinya hilang… . memasuki daerah tanjung benoa sempat di kejar calo wisata water sport. mahal je.. lha kita cuma mampir numpang foto tok. haha. gak onok duit.😛

tanjung benoa

DSC_0184 - Copy pujamandala

sempat bingung muter muter di nusa dua nyari pantai, namun gak nemu. ya weslah. lanjut kita mampir di Puja Mandala yang terletak tak jauh dari per4an nusa dua. yaitu sebuah area yang terdapat 5 tempat ibadah saling berdampingan.

DSC_0202 copy  DSC_0211 copy

uluwatu  DSC_0237 copy

DSC_0256 copy

kita lanjut ke ke selatan arah uluwatu dengan jalan yang berkelok naik turun, sensasi nya nyuss… berkunjung ke uluwatu siang hari adalah sebuah kesalahan besar. panas plus karena kita akan mengunjungi pura di atas tebing pantai dengan tangga naik turun. ah ya sudahlah…

DSC_0238 copy

DSC_0231 copy

pantai lagi. padang-padang-blue point/suluban

DSC_0272 copy DSC_0304 copy

DSC_0284 copy

setelah kita puas berpanas-panas perjalanan dilanjutkan kembali, masih di seputaran uluwatu. keluar dari loket pintu masuk uluwatu kita menuju ke arah timur/kiri menuju pantai selanjutnya. bertanya kepada ibu ibu penjual jamu dan jajan mengenai tujuan selanjutnya. tak jauh, kita sampai di pantai padang-padang. pantai ini terletak di bawah sebuah jembatan dan berpasir putih, tidak terlalu besar, dengan tebing batu di sekelilingnya. jadi kita harus turun tangga melewati celah batu sempit. kita serasa bukan di bali, lha hampir semuanya turis manca berjemur bebas di sini. hahay.. di bagian lain pantai ada sebuah tebing batuan yang keren.

DSC_0300 copy DSC_0285 copy

DSC_0332 copy DSC_0346 copy

suluban blue point

perjalanan dilanjutkan tak jauh, kita akan menemukan pantai lagi, pantai suluban atau blue point. karena pantai ini berada di daerah blue point resort. kita akan melewati banyak kios dengan anak tangga turun. kita akan di sambut dengan jalan setapak kecil turun yang membelah bukit batu semacam trowongan. enaknya, pantai ini tidak terlalu ramai. tidak terlalu banyak turis yang berjemur, karena tempat yang tidak cukup nyaman untuk dengan tipikal pasir pantai yang agak besar, dan di kelilingi oleh bukit batu. akhirnya melihat sunset di pantai ini.. nyuss..

DSC_0350 copy   DSC_0351 copy

DSC_0427 copy   DSC_0428 copy

DSC_0361 copy   DSC_0370 copyDSC_0401 cc

pulang selepas matahari tenggelam, dan tak lupa mampir mengisi perut. lalu muter-muter di sekitaran kuta mall yang sering di pake shoting Ftv. sambil makan es krim Mcd. nyammmm..

DSC_0431 copy

note. saya sarankan anda membeli banyak air putih di sini, karena suasana di sini lumayan panas. dan itu jelas sangat anda butuhkan. sekitar kuta banyak tersedia minimart, namun dengan selisih harga yang lumayan. kalaupun anda kebetulan menyewa motor dan sedang bepergian, saya anjurkan untuk membeli air minum, snack sekalian di daerah yang agak jauh dari kuta. untuk makanan, tak usah khawatir karena di sini juga banyak menu halal, atau warung jawa. meskipun dengan sedikit pengorbanan  yaitu dengan sedikit mencari. Dengan menyewa motor anda memiliki kelebihan waktu dan tenaga untuk berputar sedikit agak jauh, atau sekedar berputar mencari alternatif menu lain.

• sewa motor                                                                                       70.000
  • beli kaca mata                                                                                   20.000
  • makan pagi lontong sayur @11.000                                                      22.000
  • bensin                                                                                              30.000
  • insiden                                                                                             20.000
  • makan malam, nasi padang                                                                 31.000
  • air mineral, snack                                                                              13.000
  • parkir kuta                                                                                        2.000                                                                                                                                                                                                    =179.000
  • …..
  • sewa motor 2hr @50ribu                                                                    100.000
  • sarapan nasi kuning @8000                                                                   16.000
  • bensin                                                                                                 14.000
  • air mineral, sunblock                                                                             19.000
  • parkir uluwatu                                                                                       2.000
  • tiket uluwatu @15.000                                                                          30.000
  • jamu, jajan                                                                                            6.000
  • parkir padang-padang                                                                             2.000
  • bakso                                                                                                 10.000
  • parkir blue point                                                                                   3.000
  • air mineral jajan                                                                                  16.400
  • mie goreng 10.000                                                                              20.000
  • es  @6000                                                                                         12.000                                                                                                                                                                                                =250.000