mbolang Bali part3. last day-go home

Day 5 pantai sanur

Niatnya sih pingin berburu sunrise di pantai sanur, tapi ya gitu. Keasyikan tidur. :p Setelah bersiap akhirnya kita berangkat jam 6. terakhir kali saya ke sini waktu kelas 2 SD, yah tahun 97an. Jalanan pagi itu cukup sepi, jadi tak lama butuh waktu lama saya sudah sampai, meskipun sempat bingung. Setelah masuk, bayar retribusi, parkir. Kita akan disuguhi pantai sanur. Yeah,i m back! Pantai yang cukup terkenal setelah pantai kuta ini cukup ramai dengan beberapa wisatawan domestik, manca.

DSC_0438 cc   DSC_0440 cc

DSC_0441 cc


Di pantai ini juga terdapat penyebrangan kapal cepat  ke nusa penida. Pantai dengan pasir hitam di timur pulau Bali. Pantai sanur ini perlahan mulai pudar kesohorannya, mungkin karena banyak bermunculan pantai baru yang lebih menarik, serta kurangnya daya tarik. kita tau, banyak bermunculan pantai baru yang sedang naik daun. Padang-padang, blue-point, dreamland, pandawa, dll yang menawarkan pasir putih, ombak besar, dan suasana alam yang masih eksotis.

DSC_0443 cc  DSC_0449 cc  DSC_0457 cc

Namun kurang lengkap rasanya kalau ke Bali tidak ke sanur dan kuta. Sanur sudah menjadi trademark Bali. Setidaknya saya sudah menggugurkan kewajiban untuk singgah, dan sekedar bernostalgia. Karena saya menemukan penjual nasi bungkus, jadi acara makan nasi bungkus pagi di bawah pohon, di pinggir pantai bareng sang doi. Hahay….

Setelah mengambil foto untuk dokumentasi, kita bergegas kembali ke selatan menuju arah denpasar-kuta untuk membeli oleh oleh. Karena besok pagi kami harus sudah bersiap kembali ke Surabaya.

Krisna-Bali wisata.com

Belanja oleh oleh di lakukan di krisna baru/besar. Dengan banyaknya jenis oleh oleh, variasi harga, ruang yang nyaman menjadikan jujugan bagi wisatawan yang ingin berbelanja.

Setelah selesai, kita segera pulang ke penginapan, karena ini hari jumat. Dan saya harus bersiap siap shalat jumat dan mencari masjid. Setelah menaruh oleh oleh di penginapan, saya memutuskan untuk shalat di masjid jalan kuta-denpasar. Saat saya tinggal shalat, si doi harus rela menunggu di warung sekitar masjid. Hehe. Maap yo.. setelah gantian shalat, sekalian makan siang di warung banyuwangi di depan masjid.

GWK garuda wisnu kencana

DSC_0466 cc  DSC_0468 cc  DSC_0470 cc

GWK terletak di selatan denpasar, searah dengan pura uluwatu, dreamland. Matahari cukup terik hari itu. Setelah parkir, kita menuju loket. Sempat galau karena harga masuk yang cukup mahal (menurutku) akhirnya masuk juga, msok jauh jauh sampe sini gak masuk. Oke, ya sudah. Sekaligus mengobati rasa penasaran. (penasaran mahal harganya)hahaha. Kita sama sama kali pertama kesini, ya sering dengar, lihat liputan mengenai tempat ini. Akhirnya kita membuktikan dengan mata kepala kaki, merasakan dengan hidung, lidah sendiri. Haha

DSC_0479 cc  DSC_0482 cc  DSC_0485 cc

DSC_0489 cc

DSC_0492 cc

Kita akan menikmati sebuah wahana wisata buatan di bukit kapur. Ya, ada penjual souvenir pertunjukan tari (sesuai jadwal) dan replika patung garuda dan wisnu yang tak kunjung jadi. Katanya sih beberapa tahun lagi, kalo sudah jadi bakal jadi patung terbesar ngalahin liberty. Kata guide yang sempet saya denger. Namun ada kata orang emang patung itu tidak akan di selesaikan, lha tidak terlihat progress pengerjaannya. Saya juga gak tau..who know? Patung dewa wisnu menunggang garuda yang terbuat dari logam, tembaga, baja? Dari atas dewa wisnu ini, kita bisa melihat denpasar, melihat dua sisi pantai Bali, timur dan barat sekaligus. Nice place. Terdapat beberapa relief cerita dewa wisnu dan garuda, lotus garden, dan beberapa pilar bukit yang dipotong.

DSC_0508 cc DSC_0497cc DSC_0512 cc

Yang paling penting di Gwk ini adalah, ada musholla.. yes.  Meskipun tidak besar, ya cukuplah. Sekalian saya sholat asar sebelum pulang. Ya uang segitu cukuplah, untuk mengobati rasa penasaran. Cukup tau saja. Ah.yasudahlah..

Dreamland

   DSC_0523 cc  DSC_0524 cc

Beach again, again and again. Haha. Kunjungan selanjutnya adalah pantai dreamland, yang mulai terkenal, dan konon katanya next kuta. Pantai dreamland tak jauh dari gwk, dan meskipun terkenal pantai ini tidak ada petunjuk arah. Well, sebelumnya saya bertanya ke beberapa orang untuk memastikan bahwa kita benar.  Kita akan memasuki sebuah perumahan  Lokasi pantai ini berada dalam kompleks Bali Pecatu Graha Kuta Golf Link Resort dengan gerbang megah. Kalo kita tidak tanya, kita tidak akan menyadari bahwa disitu ada sebuah pantai yang tersembunyi.

DSC_0529 cc  DSC_0550 cc  DSC_0577 cc

DSC_0544 cc

Dari pintu gerbang, kita lurus turun kebawah. dan pantai dreamland terletak di sebelah kiri jalan. Kita tidak dikenakan retribusi, bayar parkir tok. Cocok dah! Kita akan melewati beberapa kios sebelum turun ke pantai.

Yihaa.. akhirnya kita sampai di dreamland, dan memang bener bener dream banget.😛 pasir putih, membentang panjang, ombak besar, turis asyik berselancar. Perjalanan hari ini ditutup seperti hari hari sebelumnya dengan melihat sunset lagi. Sambil merenung, meresapi keindahan alam, mendengarkan desiran ombak, dan tak lupa turis turis kece :p

DSC_0595 cc DSC_0600 cc

DSC_0597 cc

DSC_0604 cc

pintu masuk dreamland

Note . kita tidak usah khawatir, karena di sini tersedia masjid yang cukup besar, baru dan nyaman. Yang tak jauh dari pintu masuk. Jadi bagi anda yang berwsiata di sekitaran daerah ini bisa mampir shalat.  Jan Cocok wess.. jadi setelah puas melihat sunset, kita bisa mampir untuk shalat magrib sekalian.

Day 6. Go home

Mid Bus+ship+walk+train+becak=Home

Tak terasa ini adalah hari terakhir saya di Bali, dan saya merasa berat meninggalkan mu. Halah.. setelah packing, mandi dan bersiap, kami memutuskan untuk mencari makan nasi bungkus di pantai kuta (lagi-lagi) hemattt, ngirit. Sing penting iso mangan halah.😛 Sambil menikmati pantai , semacam say good bye.. hiks.. hiks.. tak terasa waktu cepat berlalu..

DSC_0607 cc

kita kembali ke penginapan, untuk mengambil barang dan pamitan, jam 10 pagi kita  check out, dan akhirnya pulang ke rumah. I’ll be back, *arnold quote.. dari penginapan, kita jalan kaki ke tempat semula waktu berangkat dulu. Naik bemo biru ke terminal tegal, dan dilanjut angkot ke terminal ubung.

Kita balik akan menggunakan kereta dari stasiun Banyuwangi baru ke surabaya. Sempat bingung di terminal ubung, mencari angkutan ke gilimanuk. Sempat kejadian di sumpah serapah oleh kondektur bis. kita lanjutkan dengan bis ¾ denpasar-gilimanuk. Sempat kasihan, dan heran ternyata bis cukup sepi penumpang. Jok yang sempit, sempat dioper ya dinikmati aja.

Train / sepur /kereta api

DSC_0612 cc  DSC_0619 cc

DSC_0644 cc

16.30 Sampai juga di pelabuhan, setelah membayar karcis. Sekalian sholat asar dan santai santai di pelabuhan. Saya harus menyebrang mengarungi lautan kembali ke pulau jawa. Ah.. tepat saat magrib kita sampai. makan sore, plus malam di rapel seklian di wr kaki lima depan pelabuhan ketapang.  tak usah khawatir, murah je. Setelah kenyang, kita berjalan 200meter ke stasiun Banyuwangi. Karena emang rajin dan terlalu on time, kita magrib sudah di stasiun, padahal kereta jam 22.00. oke lah, kita tukar tiket, sholat magrib, isya di musholla, kluntang, klantung 4 jam gak jelas di stasiun. Setelah penantian sekian lama, pak masinis menunggang kereta mutiara selatan bisnis akhirnya datang juga.

Jarak-antara-Objek-wisata-dan-Kabupaten-di-Bali

bali-map-high

Petaka pun dimulai, karena kita memburu tiket murah, jadi kita kebagian gerbong dekat pintu.jarak  4kursi dari pintu, dan gerbong di belakang pembangkit. Wtf… jadi kalo ada orang lewat buka pintu, suara mesin generator.  Ya sudahlah. Disodori bantal sama kru kereta, ya ambil aja, lha pegel pengen tidur. Dasar saya tidak pernah naik kereta bisnis, Ternyata di tarik-i karcis ya? (bantal sewa ya?) ahaha. Ya sudahlah, berharap saya bisa tidur nyenyak dengan bantuan bantal. Ternyata salah. Sandaran yang tegak, sandar tembok. Saya tetap tidak bisa tidur nyenyak. Tidur tidur ayam.. wes jan ora penak. Lha nyonya yang sandar jendela kok iso tidur pules banget.saya tidak bakat naik kereta.  Sering kebangun tiap ada orang buka pintu. Jam 04.20 kereta sampai juga di st gubeng baru Surabaya. Becak ke kertajaya, sampai depan rumah, bayar, sholat subuh, tarik selimut bayar utang tidur.. zzzzzzzzzzzzzzzzz…

Note-kereta bisnis mutiara timur. Surabaya- denpasar. Surabaya-banyuwangi. Anda bisa membeli tiket langsung ke denpasar, setelah dari stasiun banyuwangi, pihak KA akan menjemput anda dengan  bus damri ac khusus angkutan KA yang mengantarkan anda ke denpasar. Begitu juga sebaliknya. Bagi anda pengguna kereta yang turun di st gubeng. Bila kereta anda ekonomi, anda akan turun di st lama, sedangkan bisnis dan exe akan turun di st baru/timur. Begitu juga pelayanan penjualan tiket, ekonomi di st lama, bisnis dan exe di st baru.

Note-cari info sebanyak banyaknya, melalui internet, milis, tanya teman, sekitar. Semakin banyak anda ketahui, semakin bagus. Cari info angkutan, tempat menginap, tempat makan dan tempat wisata.  Coba anda buat rancangan kemana saja tujuan wisata anda jauh jauh hari, dan buat perkiraan waktu tempuh, dan biaya tiap hari. Itu akan sangat membantu anda untuk tidak bingung lagi ketika di bali.

Tarif, harga yang saya cantumkan dapat berubah sewaktu waktu tanpa pemberitahuan. Haha. Semoga cacatan biaya dapat menjadi pertimbangan, gambaran anda yang mau berlibur ke bali. Murah atau mahal, relatif. saya kira bisa lebih murah atau mahal tergantung anda. Saya juga tidak tega kalau harus murah, ngirit pol polan. Ya ini ngajak nyonya soalnya.. gak tega lah.😛

saya masih menyimpan ganjalan, karena dua spot di Bali yang belum sempat di kunjungi. Tanah lot dan bedugul. Hiks..next time. I’LL BE BACK…. I’LL BE BACK… I’LL BE BACK.

some pict.wisata-bali.com

  • *8 nov 2013
  •  Nasi bungkus (jinggo 5000 + 7000) 12000
  • Gorengan 5000
  • Parkir sanur 2000
  • Makan siang warung BWI 30000
  • Indomart 10200
  • Parkir GWK 5000
  • Tiket masuk GWK @40000 = 80000
  • Parkir pantai dreamland 5000
  • Bensin 5000
  • Makan malam soto @8000 = 16000
  • *9 nov 2013
  • Nasi bungkus + gorengan @6000 = 12000
  • Angkot kuta-tegal @7500 = 15000
  • Angkot tegal-ubung @7500 = 15000
  • Bis ubung-gilimanuk @30000 = 60000
  • Air mineral 6000
  • Tiket kapal @6500 = 13000
  • Makan @8000 = 16000
  • Snack = 10000
  • Tiket kereta @80000 = 160000
  • Bantal @5000 = 10000
  • Becak = 20000

Main di Bali Seminggu, makan, minum, nginep, semuanya. (kecuali oleh oleh)

TOTAL=1.620.600.2 = 810.300/orang

15 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s