len-jalen mercusuar saronggi sumenep.

setelah sebelumnya kita mengunjungi mercusuar sembilangan, kita akan mengunjungi mercusuar bagian timur. masih disekitaran sumenep, mumpung masih di sini saya sempatkan mencari tempat baru yang layak kunjungi. sebelumnya sempat mencari informasi mengenai mercusuar ini, mengenai letak jarak dan kondisi. akhirnya hari minggu kita putuskan untuk berangkat.

sumenep-map cc

firstmadura.wordpress.com

bangun pagi setelah bersih bersih kamar (mumpung minggu) sarapan di taman bunga. balik ke kost dan siap siap. kita berangkat pukul 9 dari kost. langsung gas si beety ke selatan menunju saronggi yang tak jauh dari kota sumenep, tidak butuh waktu lama. kita sudah sampai di pertigaan saronggi. belok ke kiri/ke timur. dengan jalur yang tidak terlalu besar sesekali berkelok naik dan turun bukit terlihat di kejauhan pantai. kita sempat bertanya ke beberapa penduduk, karena kami tidak mengetahui arah tujuan. setelah riding santai 20 menit menyusuri jalan (gak pake jalan nyabang) kita akan melewati jl mercusuar tanjung saronggi. tidak lama lagi kita akan sampai.

tanjung saronggi

jalan masuk

.DSC_0171 cc DSC_0172 cc

benar saja, tak lama kemudian terlihat mercusuar di kejauhan. akhirnya kita menemukan jalan masuk. ketika kita hendak masuk, kita sudah di suguhi sepasang muda mudi sedang asyik berpacaran di atas sepeda motor. halah.. sekitar 100 meter kita akan menemukan mercusuar tersebut. kita akan memasuki sebuah area mercusuar terlihat beberapa bangunan rumah untuk petugas jaga, dan beberapa bangunan/gudang  yang kosong. namun ekspektasi saya terlalu berlebihan, saya kira sebesar sembilangan dan bisa dimasuki. ternyata tidak.. well, yawes lah. kita parkir di bawah pohon menikmati bekal batagor ditemani semilir angin sepoi sepoi dengan istri. ahay..🙂

DSC_0169 cc

karena hari itu hari minggu, jadi banyak beberapa anak muda yang sedang pacaran, atau sekedar bergerombol untuk duduk duduk. terlihat di seberang laut kita bisa melihat gugusan pulau gili. tempat ini terletak di atas sebuah bukit tanjung, kita bisa turun kebawah terdapat tangga setapak, namun tipikal pantai ini merupakan pantai dengan karang. di sebelah utara terdapat sebuah pelabuhan dan pemukiman nelayan.

DSC_0174 cc   DSC_0177 cc

 DSC_0179 cc   DSC_0180 cc

bangunan mercusuar ini masih berbentuk khas kolonial, apa memang dibangun masa kolonial? tapi melihat bangunannya, mercusuar ini dibangun stelah indonesia merdeka. cmiiw. . mercusuar menggunakan bahan semen, di dalam terlihat beberapa anak tangga dari besi, namun berongga. sempat turun untuk bermain air, dan berfoto. akhirnya kita cabut dari tempat itu.

DSC_0181 cc  DSC_0189 cc

kita masih sempat muter di desa terdekat melihat budidaya rumput laut dan nyari spot buat foto si beety. haaha. karena sudah siang kita putuskan untuk balik, kita sempat kehujanan selama perjalanan pulang. mampir beli makan siang. akhirnya kita sudah sampai di kost jam 1 siang.

DSC_0193 cc  DSC_0194 cc

DSC_0195 cc

DSC_0196 cc

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s