bromo the paradise! eps :hanimun

late post. pol notog jedog. lha piye. ini mainnya ke bromo 17 agustus tahun lalu, baru di buat tahun berikutnya. wkwkwkw🙂. halah ya wes, yang penting tetep di share. daripada jadi penyakit. hehe. niat hati pengen berangkat bareng juragan touringrider biar couple touring, urung terlaksana. dianya sudah pulang, kita malah baru nyampe bromo. ya sudahlah.

DSC_0254 cc

inilah kali pertama saya ke bromo. tak tahan ejekan 5 tahun kuliah di malang, dan rasa penasaran yang kuat. akhirnya di putuskan berangkat. skalian hanimun hanimunan bareng mantan pacar.😛  kita berangkat 17 agustus jam 09.00 dari surabaya langsung menuju ke selatan mengambil rute pasuruan, tidak ada hambatan berarti hingga kita mampir sejenak untuk mengisi bensin dan istirahat di spbu jenggolo sidoarjo. kita lanjutkan perjalanan melewati porong. cuaca sangat cerah, cenderung terik. secerah hati ku.🙂

sedikit mengalami kemacetan di daerah bangil, namun lancar jaya setelahnya. karena acan ganti ban ring 17 dan tidak mengganti gear set, jalan yang lempeng lurus dan sepi menjadi sia sia. haha. setelah memasuki kota pasuruan, kita mulai kehilangan orientasi. sempat bingung arah paling cepat menuju bromo. akhirnya kita menemukan plang menuju arah bromo. kita sempat bertanya ke penduduk sekitar. akhrnya kita menemukan arah. rejoso- winongan – gayam – pasrepan-puspo- tosari. kondisi jalan yang tidak terlalu ramai, mulus menambah kemesraan ini. halah😛 jalan mulai menanjak ketika memasuki pasrepan, dan mulai menemukan asoynya jalan ketika sudah memasuki puspo – tosari jalan dengan liukan dan pemandangan yang menakjubkan di kanan kiri. membuat siapa pun terlena untuk cornering. hihi. disini si acan mulai unjuk gigi,  tanjakan boncengan tetep eces. sempat gerimis ketika masuk tosari.

DSC_0095 cc  DSC_0097 cc

akhirnya kita putuskan memakai jas hujan. lha kok ndilalah tibaknya hujan lokal. ya sudahlah. akhirnya pukul 13.30 kita sampai juga di deerah wonokitri. sempat bingung nyari penginapan, karena tlp dan sms ke TR gak segera di jawab. sempat di kejar para calo juga, akhirnya kita menemukan penginapan di sekitaran parkir. dengan biaya 150ribu. gak bagus si. tapi lumayan lah. cuma buat rebahan dan tempat jujugan.  segera loading barang ke kamar, istirahat sebentar dan sholat dhuhur. brrr… banyune atis, adem rek… yo wajarlah. gunung je. karena adem, kita putuskan untuk mencari penghangat di sekitaran penginapan. bakso hangat menjadi korban mulut. mampir warung beli teh hangat, sambil menghajar jajan ote ote/weci. karena bingung, masih siang.

DSC_0112 cc

setelah kontak kontakan dengan rekan sam nova juragan warung novajourney yang tersohor itu. haha. yang juga kebetulan ke bromo kita putuskan untuk turun ke kawah. setelah membayar sejumlah uang. 25ribu – 30ribu. mbuh lali aku rek. saking suwene. dan sekalian besok dini hari ketika naik tidak usah beli lagi. oke wes. cuss.. cuaca yang cerah sedikit berkabut menambah ke elokan gunung ini. jalan turun dari penanjakan ke lautan pasir.. cadas rek.ngeri .. untung saja jalannya sudah bagus.

DSC_0153 cc  DSC_0123 cc

tampak gunung batok, kawah di bawah.. subhanallah. keren..

akhirnya setelah sekian lama saya menginjakkan kaki juga di lautan pasir bromo. alhamdulillah. dan suasana matahari sore yang cerah menambah kecantikan bromo, karena cahaya meninari langsung dari samping. sempat kagok pas melewati lautan pasir. lha piye, gak terbiasa make tiger, boncengan plus pasir dalam. dan boncenger juga histeris gak karu karuan karena motor jalannya geal geol di atas pasir. wes jan nggupuhi hihi🙂 . hingga akhirnya kita jatuh dua kali. haha. dan akhirnya saya bertemu dengan nova yang menggunakan beat. akhirnya kita tukaran motor. halah

.DSC_0144 cc  DSC_0162 cc

setelah perjuangan yang cukup melelahkan, kita sampai juga diparkiran bawah kawah bromo. karena takut kesorean dan males capek akhirnya tidak naik ke atas kawah. stelah ngobrol ngobrol sebentar kita akhirnya bubar, saya kembali ke atas via penanjakan, dan nova kembali ke malang via tumpang. kita sempat mengabdikan gambar sunset. gak hanya sunrise yang bagus, sunset di gunung bromo juga tak kalah bagus.

sunset bromo

gak hanya sunrise. sunsenya juga jempolll

malam harinya kita habiskan di sekitaran penginapan saja. nyari anget anget, dan langsung cuss tidur karena kecapekan. dan besok harus bangun dini hari. info sebelumnya dari kakak ipar, bromo dingin banget. ternyata tidak terlalu terasa ketika tidur. kita terbangun ketika mulai mendengar suara berisik. bromo sudah mulai ramai dan para pengunjung sudah bersiap naik ke penanjakan. saya kuwalat, ternyata adem poll rekk. perjalanan naik ke penanjakan tangan terasa kaku. pdahal saya sudah memakai jaket rangkap dua plus pake jas hujan supaya anget. harus ngalah sama wks (warga kampung sini) yang merajai jalanan dengan hardtop. setelah parkir, kita segera naik ke penanjakan. lha kok wes rame poll.

DSC_0213 cc

akhirnya yang di tunggu muncul juga.. matahari pagi 18 agustus. semua pengunjung berdiri. wes kalah duluan. karena spot sudah di duduki. alhamdulillah saya bisa ke bromo mengajak istri pula. hahay. subhanallah sungguh indah ciptaan mu ya Allah.

bromo Paradise!

DSC_0192 cc

setelah puas foto di penanjakan, dan hari sudah mulai cerah, kita turun ke bawah. mampir dulu di bukit cinta. foto foto lagi, karena saking kalapnya kita foto tidak terasa memori kamera sudah hampir penuh.

DSC_0320 cc DSC_0342 cc

mampir dulu di pertigaan arah ke penanjakan, lautan pasir. foto foto lagi. dan ada bule baik hati yang menawari untuk memfoto kita berdua. haha. apik pisan hasil-e. suwun lo mister. sempat mau turun lagi ke lautan pasir, namun urung karena kemaren sudah. akhirnya kita kembali ke penginapan bersiap, sarapan terlebih dahulu. peralatan mandi yang dibawa istri mubadzir. lha adem. gak adus wes. haha

DSC_0390 cc

kita berangkat kembali ke surabaya pukul 09.00 melalui jalur yang sama. tidak ada kendala yang berarti, kita istirahat sebentar di spbu. lanjut lagi akhirnya karena belum makan siang dan ajakan istri untuk mencicipi nasi punel/timbel di bangil. setelah kenyang. kita cuss ke surabaya melaluai porong sidoarjo-surabaya. dan sampai di surabaya pukul 02.00 siang. saat nya balas nyaur utang tidur.

alhamdulillah, masih bisa menikmati ciptaan Tuhan yang sungguh menakjubkan. bahwa kita manusia hanya makhluk yang tak berdaya. perjalanan ini berkesan, saya sedikit menyesal…. karena tidak dari dulu ke bromo. meskipun ada insiden saya kehilangan sarung tangan respiro malam hari di bromo. padahal jik anyar. hiks.. *curhatsitik

17 comments

1. Sungkem juga suhu…… juosss wes. Kapan hari ke bromo waktu full kabut baik jam 1 pagi….. dinginnya brrrrrrr……………..

2. keren!
    aku akhir januari kemaren dolan ke bromo. sayang kabut tebel banget jadi nggak bisa liat pemandangan dari penanjakan.😦
    tapi alhamdulillah sedikit terobati saat di lautan pasir pemandangannya subhanallah uapik pol.😀