Mutasi balik nama Surabaya part1

Cabut berkas samsat asal

Assalamualaikum . Haloo.. dulur. Maap blog luar biasa vakum. setahun punjul sak wulan ra nulis blasss…. terakhir post agustus 2015.

Oke, karena si pinky beat nyonyah dulu beli second di showroom, alhasil tiap bayar pajak taunan musti minta tolong ke dealer. Padahal kita masyarakat Rajin bayar pajak lo, tapi ribet. Pas bulan september tahun 2016 ini plat nopol waktunya ganti. Wes sekalian balik nama pisan. Pas ada program pemutihan juga.  Suwun pakde karwo…. Sing telat pajak, mati, nunggak gek ndang ngurus.

Judule kyok sinetron ae cak?  part 1 sampe part 4. Tak jabarno cek awakmu eroh…

beat-2011

beat pink mblakrak sumenep

 

pemutihan-pajak

pemutihan Jatim 2016

Bingung rek, aku ra tau ngurus masalah kayak ginian. Plan A. Saya cuss ke dealer yg bersangkutan di daerah rungkut buat minta tolong balik nama cabut berkas. Ternyata pihak dealer gak bersedia/ gak bisa bantu. hanya bisa bantu urus pajak 5tahunan aja.. lhak yo podo ae nama sing lawas.  Soalnya dulu pernah ketlisut bpkb. Oke lah lek ngono…  Plan A gagal. Ganti Plan B. Trus browsing2 nak internet nyari2 biro jasa… wih mahal rek. (asline eman duite rek. hehehe). Rak sido. Plan B gagal

beat-2011-tiger-2001

Sempet bimbang juga, baca cerita di internet bayangan ribet berkasnya, alur proses lamanya… dll. Budal disek, pokoke wani rek… browsing2 di internet nyari info cara mutasi balik nama, cabut berkas surabaya.  di internet. Di baca di pahami, di hayati… dan yang terakhir nanti di praktekkan.  Plan C Budal dewe Kapten!

FYI. Samsat di surabaya ada 4, berdasarkan Areanya. Utara di Kedung cowek. Timur di Manyar. Barat di Tandes. Dan Selatan di Ketintang.

Alamat pemilik motor pertama ada di daerah wonokromo. Berarti ikut samsat selatan / ketintang.  Berarti kita perlu cabut berkas dari selatan ke alamat pemilik baru di daerah kertajaya yang ikut samsat timur manyar. Oke deh.

alur-mutasi

alur proses mutasi balik nama.

Jadi ada 4 tahapan.

  1. Cabut berkas samsat asal, Mutasi keluar
  2. Mampir polda jatim bagian BPKB plus verifikasi berkas
  3. Mutasi masuk samsat yang dituju.
  4. Balik maneh jupuk BPKB ke Polda Jatim.

Iki lo Berkas yang kudu di siapin.

  • stnk asli + FC
  • bpkb asli + FC
  • ktp pemilik baru + FC
  • kwitansi pembelian plus materainya 6000 + FC
  • surat kuasa (soalnya saya yang ngurus, trus di balik nama pake nama mertua)*diwakilno
  • map + pulpen+ Tas = Wajib iki. Westalah nggowo o. kanggo rek.. + air mineral sebotol  *kondisional. hahaha

Saya sarankan foto copy dulu rangkap 3x masukkan dalam map. *Tips jo lali Map e di tulisi Nopol kendaraan yang di urus plus tulisi mutasi. Balik Nama

Tanggal 21 sept 16

Oke cuss berangkat bakda shalat duhur. Jo lali shalat ben lancar ngurus e.. nyampe samsat ketintang masuk saya celingak clinguk. Langsung parkir di area cek fisik. Tanya petugas informasi. Kita akan di arahkan.. oke bro 123…perjalanan panjang dimulai…

  1. Minta stempel tunjukkan stnk ke petugas cek fisik
  2. Serahkan stnk yang sudah di cap Ke loket cek fisik. bilang anda mau mutasi balik nama. di beri kertas dan form buat cek fisik, isi form.
  3. Dan balik lagi serahkan kertas ke petugas penggosok. No Mesin sretttt, no rangka sretttt….. Minta stempel lagi. Wes beres, pindahen spedamu rek ketempat parkir yang sudah di sediakan.
  4. Balik lagi ke loket, cek cek. Stempel… udah diarahkan buat fotocopy berkas2 tersebut.
  5. Pokoke kabeh berkas tak serahno ketukang FC. Wes apal dong. Penggaweane mben dino lo. Fc maneh, ono sing kurang. Padahal beberapa udah tak FC., tapi tetep kepake kok. Jret..jret… fc wes jadi, di steples di tata/di urutno karo mas2 e, di cek opo sing kurang. Wes lengkap. Sip. Bayar FC ne… Lek berkas kurang lengkap takok ibuk2 mas2 e ndik kene. Mlebu kantore rek

samsat-ketintang-surabaya

  1. Tanya ke bagian informasi, saya di arahkan untuk ke loket cek blokir. Suwun lo mbak.. Kenapa gak di arahkan ke loket pendaftaran hatimu.. halahh… husss…
  2. Serahkan ke loket cek blokir. Oke aman. Cwepet rek. Aku ra sempet lungguh lo.
  3. Geser ke sampinge cek loket fiskal. ini mengecek tahun wingi peno bayar pajak atau nunggak.. Tunggu sampai nama anda di panggil. Aman.. kita di suruh FC berkas yang dikasi. Mbalik FC maneh yo…
  4. Fotocopy beres, lanjut naik ke gudang berkas di LT2. Gak yakin lewat mana, bingung lewat mana, takok mbake maneh yo…🙂 naik tangga pas di belakang bagian informasi.. naik lanjut terus ke bagian arsip R2. Di lt 2 mburi terusssss notog pojok kanan.
  5. Serahkan berkas ke petugas. Ruangane kyok perpus gede.. rak tinggi memanjang sampe ke belakang. Ya namanya juga gudang arsip berkas semua kendaraan mulai beli sampe arsip2 nya. Tunggu disek rek sampek namamu di panggil. Anda akan dapat berkas kendaraan anda yg di simpan di samsat asal, dan siap di angkut ke samsat tujuan. Karena itu juga namanya cabut berkas/bendel. Ya karena berkasnya sak bendel.
  6. turun lagi ke lt1. Ke loket mutasi keluar di sebelah pojok depan kanan. Serahkan semua berkas untuk di cek. kita akan di tanya mau mutasi kemana.  Bayar 75 ribu bea mutasi keluar. R2  Tunggu bentar nama anda di panggil.
  7. Taraaaa… anda akan dapat surat pengantar yaitu surat jalan dari samsat, bahwa stnk anda sedang masa proses mutasi, dan tanggal kembali lagi untuk mengambil berkas. wes ra usah kawatir di tilang /razia. Soalnya anda punya surat sakti pengganti stnk. Hahaha

surat-keterangan

Wes a rek? Gak ngelu mocone? Hahaha…..

Mben balik maneh  mrene jupuk berkas tanggal  5 oktober 2016. Oke jack. Beres.

Luangkan waktu sejenak. siapkan berkas/ lengkap.jo lali gowo KTP pemilik, ojo KTPne mantan mu.  Ikuti alur. Jangan malu bertanya.

Total waktu yang saya habiskan di sini gak nyampe 2 jam. Cepet kok.  Joss ancen petugase iki… Apa pas lagi sepi ya…opo  goro2 barokahe solat duhur disik…Kurang luweh e ngono rek… maklum lali2 iling…  intine awak ndewek geser dari loket ke loket lainnya. Ambek nenteng berkas.. Gak ribet kok, pokoke waktu peno luang gak kesusu.

Wes ngunu ae rek.. part 2  jupuk berkas ngurus BPKB nak Polda Jatim A Yani sik tak ketik. Part 3 ngurus mutasi masuk ke samsat tujuan. Jik OTW.

Mutasi balik nama kendaraan Surabaya part1. Mutasi antar samsat surabaya.

Perbedaan waktu tunggu,  loket dan urutan pengurusan mungkin berbeda di tiap daerah.  Monggo tulis pertanyaan di bawah. Nek iling lan eruh tak jawab. Nek ra eruh lali, bekne di jawab wong liyo… mugo2 tulisan iki bisa bermanfaat, bagi banyak orang.. .

Suwun wes mampir moco blog suwung iki yo…. Wassalamualaikum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s